Kerajaan Selaparang sebagai Pusat Pemerintahan dan Pusat Perdagangan pada Abad XVI Berdasarkan Data-Data Arkeologis dan Manuskrip Sasak

Main Article Content

Jamaluddin Jamaluddin

Abstract

Selaparang merupakan nama dari sebuah kerajaan Islam terbesar di Lombok yang didirikan oleh Prabu Rangkesari abad ke-16 M di wilayah timur pulau Lombok. Kerajaan ini telah menjadi penguasa di Lombok kurang lebih dua setengah abad, diperkirakan kerajaan ini berakhir pada abad ke-18. Selama menjadi penguasa di Lombok, kerajaan ini telah berhasil menjadi sebuah kerajaan besar dan berwibawa baik di kalangan Sasak maupun di masyarakat internasional. Artikel ini akan mengungkap sejarah pertumbuhan dan perkembangan kerajaan Selaparang dan keterlibatan Selaparang dalam perdagangan, karena itu tulisan ini akan menggunakan pendekatan sejarah. Namun karena data-data yang digunakan berupa manuskrip dan data-data arkeologis, maka dalam menganalisis data, dua disiplin ilmu menjadi ilmu bantu dalam artikel ini, yaitu filologi dan arkeologi.  


 

Article Details

How to Cite
JAMALUDDIN, Jamaluddin. Kerajaan Selaparang sebagai Pusat Pemerintahan dan Pusat Perdagangan pada Abad XVI Berdasarkan Data-Data Arkeologis dan Manuskrip Sasak. Manuskripta, [S.l.], v. 11, n. 2, dec. 2021. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/189>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v11i2.189.
Section
Articles

References

Bottomore, T. B, Ellites and Society, (A Pelican Book. Penguin Book ltd. Great Britain, 1970).
Ali, Jakub, et al. Perubahan Nilai Upacara Tradisional pada Masyarakat Pendukunganya di Daerah Nusa Tenggara Barat, (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1998).
Ambary, Hasan Muarif, Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998).
Azra, Azyumardi, Renaisans Islam Asia Tenggara, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2000), cet. ke-2)
de Graaf, H. J., Lombok in de 17 eew, (Djawa, XXI. Tahun, 1941).
de Graaf, HJ. dan Th. G. Th. Pigeaud, Kerajaan-kerajaan Islam Pertama di Jawa: Kajian Sejarah Politik Abad ke-15 dan ke-16. Cet. ke-2. Jilid 2.
Handayani, Usri Indah. et al, Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Nusa Tenggara Barat, (Mataram: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Nusa Tenggara Barat, 1997/ 1998)
Haris, Tawalinuddin, Masuk dan Berkembangnya Islam di Lombok Kajian Data Arkeologis dan Sejarah, dalam Kanjian: Jurnal Pemikiran Sosial Ekonomi Daerah NTB, (Lombok Timur: Yayasan Lentera Utama, 2002).
Herman, V. J. et al. Bunga Rampai Kutipan Naskah Lama dan Aspek Pengetahuannya, (Mataram, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, 1990/1991).
Hourani, Albert H. dan S. M. Stern (ed), The Islamic City, (oxford: Bruno Cassirer & The University of Pennsylvania Press, 1970).
Jamaluddin, Jejak-Jejak Arkeologi Islam di Lombok, (Mataram: Sanabil, 2019).
________, Sejarah Islam Lombok Abad XVI-Abad XX, (Yogyakarta: Ruas Media, 2019),
Jamaluddin, & Siti Nurul Khaerani, (2020). Islamisasi Masyarakat Sasak Dalam Jalur Perdagangan Internasional: Telaah Arkeologis Dan Manuskrip. Jurnal Lektur Keagamaan, 18 (1), 135–163. https://doi.org/10.31291/jlk.v18i1.577.
JJ. Rass, Hikayat Banjar, (the Haque-Martinus Nijhiff, 1968)
Lalu Djelenga, Keris di Lombok, (Mataram: Yayasan Pustaka Selaparang, 2000).
Loir, Henri Chambert dan Claude Guillot, (ed). Ziarah & Wali di Dunia Islam, (Depok: Komunitas Bambu, 2010).
Mulyana, Slamet, Tafsir Sejarah Nagara Kretagama, (Yogyakarta: LKiS, 2006)
Suparman, Lalu Gde, Titi Tata Adat Perkawinan Sasak dan Kepembayunan Candrasengkala, (Kekise Lombok), (Mataram: Lembaga Pembakuan dan Penyebaran Adat Sasak, 1998).
________, Babad Lombok, (Jakarta: Depdikbud, 1994).
Raba, Manggaukang, dan Asmawati, Fakta-Fakta Tentang Nusa Tenggara Barat; Lombok dan Sumbawa, (Mataram: Yayasan Pembangunan Insan Cita, 2002).
Stutterheim, W. F, Een Inscriptie Van Lombok, (Djawa, XVII, 1& 2. tahun 1937).
Sulistiyati, Babad Selaparang, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993).
Tim Penyusun Monografi Daerah NTB, Monografi Daerah Nusa Tenggara Barat, (Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1977).
Tjandrasasmita, Uka, Pertumbuhan dan perkembangan Kota-Kota Muslim di Indonesia Dari Abad XIII sampai XVIII Masehi, (Kudus: Penerbit Menara Kudus, 2000).
Tugiyono, KS, et. al. , Peninggalan Situs Dan Bangunan Bercorak Islam di Indonesia, (Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001), cet. ke-1.
Wacana, Lalu, Babad Lombok, (Jakarta: Poyek Penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1974).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.