Internalisasi Nilai-nilai Budi Pekerti dalam Naskah Hikayat Nakhoda Asyik

Main Article Content

Dedi Supriadi

Abstract

This article discusses the problems of internalizing moral values ​​in the Malay literary work entitled Hikayat Nakhoda Asyik. As an old literary work, the text written in the Jawi script using the Betawi Malay language and became a guide for the development of character in the past, became the uniqueness and novelty of this literary work. The aim of this research is to portray the internalization of cultural values ​​and moral values in Hikayat Nakhoda Asyik. This study employed a perspective-based philological discourse analysis approach to obtaining a complete description of the texts written in Jawi script using Betawi Malay. The findings show that Hikayat Nakhoda Asyik contains moral values ​which are categorized into three parts, namely characters towards God who is the creator of the universe; second, manners to human beings; and third, manners to the environment. Hence, the duty of human being as a khalīfah fī al-ard (leader on earth) becomes harmonious and mercy to the universe.


--


Artikel ini membahas masalah internalisasi nilai-nilai budi pekerti dalam karya sastra melayu Hikayat Nakhoda Asyik. Sebagai karya sastra lama, teks manuskrip ini yang ditulis dengan aksara jawi dengan pemakaian bahasa Melayu Betawi ini menjadi pedoman pengembangan budi pekerti di masa lampau, ini kemudian yang menjadi keunikan tersendiri terhadap karya sastra ini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan internalisasi nilai budaya dalam Hikayat Nakhoda Asyik dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai budi pekerti dalam teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis teks menggunakan perspektif filologi untuk mendapatkan gambaran secara utuh terhadap isi teks yang ditulis dengan aksara jawi dengan pemakaian bahasa Melayu Betawi. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya Hikayat Nakhoda Asyik mengandung nilai-nilai budi pekerti yang dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu budi pekerti kepada Tuhan yang maha pencipta sekalian alam; kedua, budi pekerti kepada sesama manusia; dan ketiga, budi pekerti kepada alam sekitar. Dengan demikian trias panca kehidupan manusia sebagai khalīfah fī al-ard (pemipin di muka bumi) menjadi harmonis dan menjadi rahmat bagi semesta.

Article Details

How to Cite
SUPRIADI, Dedi. Internalisasi Nilai-nilai Budi Pekerti dalam Naskah Hikayat Nakhoda Asyik. Manuskripta, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 305-328, dec. 2022. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/216>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v12i2.216.
Section
Articles

References

Al-Asqalani, Syihabuddin Ahmad bin Hajar. 852. Nashoihul Ibad Ala An-Nubuhat Ala Al-Isti’dad Liyaumil Mi’ad. Bandung: Syirkatul Ma’arif.
Arifin, M. 2016. “Ilmu Pendidikan Islam : Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.” In , Ketujuh, 1–5. Bumi Aksara.
Badrulzaman, Ade Iqbal, and Ade Kosasih. 2018. “Teori Filologi Dan Penerapannya Masalah Naskah-Teks Dalam Filologi.” Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara 9 (2): 1–26. https://doi.org/10.37014/jumantara.v9i2.241.
Bantantani, Nawawi AL. 1971. Tafsir Marah Labid Juz I. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyah.
Damono, Sapardi Djoko, dkk. 2018. Jejak Pengarang : Dalam Sastra Indonesia (1880-1980).
Damono, Sapardi Djoko. 1978. “Sosiologi Sastra.” In , 1–67. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwi Sasmita, Laras. 2020. “Proses Diseminasi Informasi Budaya Di Program Halo Nusantara Radio Republik Indonesia Jakarta.” Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.
Endraswara, Suwardi. 2019. “Ajaran Budi Pekerti Luhur Dalam Sstra Mistik Penghayat Kepercayaan Untuk Membangun Karakter Bangsa.” Jurnal Jisabda 1 (2): 31–46.
Fathurrahman, Oman. 2011. “HIkayat Nakhoda Asik Sapirin Bin Usman Hikayat Merpati Mas Muhammad Bakir.” Jurnal Manassa 1 (1): 191–93.
Fauzan, Rikza, and Nashar Nashar. 2017. “‘Mempertahankan Tradisi, Melestarikan Budaya’ (Kajian Historis Dan Nilai Budaya Lokal Kesenian Terebang Gede Di Kota Serang).” Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah 3 (1): 1–9. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2882.
Fiqria, Nurshadiqah Muhammad Zaini, Nurlaila. 2021. “Kriteria Pemimpin Dalam Al Quran Dan Aplikasinya Pada Masyarakat Kemukiman Lmgarot Aceh Besar” 6 (1): 47–59.
Jakarta, Dinas Kebudayaan. 2021. “Hikayat Nahkoda Asyik: Kisah Anak Raja Berpetualang Menjadi Nakhoda.” Www.Dinaskebudayaan.Jakarta.Go.Id. 2021. https://dinaskebudayaan.jakarta.go.id/disbuddki/news/2021/06/Hikayat-Nahkoda-Asyik-Kisah-Anak-Raja-Berpetualang-Menjadi-Nakhoda.
Khadijah. 2013. “Hikayat Indra Budiman Telaah Nilai-Nilai Religius (Kajian Hermeneutik).” Jurnal Metamorfosa 1 (2): 22–32.
Kusumaningrum, Rika Novita. 2015. “Kajian Filologi Dan Analisis Nilai Pendidikan Karakter Hikayat Nakhoda Asyik.” Jurnal Skripta 1 (1): 1–15.
Latifah, Nur. 2015. “Pendidikan Dan Penanaman Budi Pekerti.” Society Jurnal XIV: 1–10.
Maladi Irianto, Agus. 2013. “Reinterpretasi Budi Pekerti Dalam Konstelasi Kebudayaan Jawa Dan Jepang.” Izumi 2 (2): 1–14.
Miskahuddin. 2020. “Konsep Sabar Dalam Perspektif Al- Qur’an.” Ilmiah Al Mu’ashirah 17 (2): 196–207.
Muchsin, Bashori dan Abdul Wahid. 2009. “Pendidikan Islam Kontemporer.” In , 20–21. Bandung: Refika Aditama.
Muhtadi, Ali. 2010. “Strategi Untuk Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti Secara Efektif Di Sekolah.” Jurnal Dinamika Pendidikan 17 (1): 1-13``. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/6284.
Mukhtar, Muhammad Kamil. 2017. “Wawasan Al Qur’an Tentang Tolong Menolong Perspektif Syekh Nawawi Al Bantani.” Institut PTIQ Jakarta.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.
Munjin, Munjin. 2008. “Internalisasi Nilai-Nilai Budi Pekerti Pada Anak.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 2 (2): 219–32. https://doi.org/10.24090/komunika.v2i2.103.
Nasution, Hasyimsyah. 1999. “Filsafat Islam.” In , 36. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nata, Abuddin. 2014. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
NN. 1988. Pendidikan Budi Pekerti. Surakarta: Yayasan Perguruan Murni.
Nur Rahmi, Arisa, Muhlis, Andi Srimularahmah. 2021. “Hubungan Timbal Balik Manusia Dan Alam Dalam Legenda Ikan Bungo : Kajian Ekologi Sastra.” Gerakan Aktif Menulis 9 (1): 74–81.
Rosowulan, Titis. 2019. “Konsep Manusia Dan Alam Serta Relasi Keduanya Dalam Perspektif Al-Quran.” Cakrawala: Jurnal Studi Isam 14 (1): 24–39.
Rusdiana dan Qiqi Zakiya Zuliyati. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Sa’ad, Suadi. 2016. “PENDIDIK DAN PEJUANG KHARISMATIK SPIRITUALIS (Kajian Sosio-Historis K.H.R. As`Ad Syamsul Arifin).” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11 (2): 277–304. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1707.
Saihu, Saihu. 2020. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3 (1): 99–112. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20.
Shoimin, Aris. 2014. Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Sudiati. 1996. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Hikayat Bakhtiar.” Jurnal Diksi 10 (4): 46–54.
Supriadi, Dedi. 2011. "Aplikasi Metode Penelitian Filologi Terhadap Pustaka Pesantren" Bandung: Pustaka Rahmat.
Supriadi, Dedi. 2011. Tradisi Pembacaan Naskah Nyi Sri Pohaci di desa Rancakalong Sumedang. Jurnal Manuskripta vol.2
Sutjipto. 2014. “Pendidikan Budi Pekerti Pada Kurikulum Sekolah Dasar Character Education On Elementary School Curriculum.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20 (4): 483–98.
Usman, Sapirin bin. 1995. Hikayat Nakhoda Asyik, Alih Aksara., Mu’jizah. Jakarta: Depdikbud.
Wibowo, Agus. 2017. Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.