Kerajaan dan Perkembangan Peradaban Islam: Telaah terhadap Peran Istana dalam Tradisi Pernaskahan di Lombok

Main Article Content

Jamaluddin Jamaluddin

Abstract

Lombok pernah berkuasa kerajaan Selaparang. Selaparang merupakan kerajaan yang besar dan menjadi simbol bagi kejayaan Islam di Lombok dua abad yang lalu. Sebagai sebuah kerajaan Selaparang memiliki peran yang sangat besar dalam membangun peradaban Islam di Lombok. Hal ini terlihat dari banyaknya manuskrip atau naskah-naskah yang tersebar di masyarakat. Naskah-naskah tersebut bukan hanya menggunakan bahasa Sasak yang merupakan bahasa suku Sasak di Lombok, melainkan ada yang menggunakan Jawa, Arab, Melayu, Bali, Bugis, dan sedikit berbahasa Sansekerta. Dengan memperhatikan banyak naskah dan beragam bahasa yang digunakan dalam naskah-naskah yang ada di Lombok, mengindikasikan bahwa kerajaan di Islam di Lombok telah memainkan peranan penting dalam membangun peradaban dan tradisi intelektual dalam masyarakat Sasak. Artikel ini akan mengungkap, bagaimana sejarah penggunaan beragam bahasa dalam naskah-naskah Sasak yang ada di Lombok, dalam hal ini akan melihat lebih jauh hubungan kerajaan yang ada di Lombok dengan daerah-daerah lain yang bahasanya digunakan dalam penulisan naskah-naskah Sasak; dan bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga banyaknya naskah-naskah yang tersebar dalam masyarakat.

 

Article Details

How to Cite
JAMALUDDIN, Jamaluddin. Kerajaan dan Perkembangan Peradaban Islam: Telaah terhadap Peran Istana dalam Tradisi Pernaskahan di Lombok. Manuskripta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 181-200, june 2012. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/33>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v2i1.33.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.