'Menjadi Jawa': Naskah Cina-Jawa

Main Article Content

Dwi Woro Retno Mastuti

Abstract

Naskah-naskah Cina-Jawa, yang ditulis dalam bahasa/aksara Jawa merupakan bagian dari khazanah naskah Jawa yang telah hadir sejak awal abad ke-19. Isi naskah tersebut mengisahkan mitos/legenda Tiongkok, seperti Sam Kok dan Sik Jin Kwi. Jumlah naskah-naskah Cina-Jawa adalah 118 tersebar di berbagai perpustakaan di Pulau Jawa dan mancanegara. Naskah ini merupakan bukti aktifitas masyarakat Cina Peranakan Jawa di bidang tradisi tulis. Selain itu juga bukti upaya menjadi Jawa etnis Cina yang pada masa itu tinggal di Pulau Jawa. Aksara Swara dan aksara Rekan yang muncul dalam naskah Cina-Jawa juga merupakan bentukan baru yang diciptakan untuk tetap memunculkan identitas kecinaan. Aksara tersebut digunakan untuk menulis nama-nama tokoh dan teks cerita.

Article Details

How to Cite
MASTUTI, Dwi Woro Retno. 'Menjadi Jawa': Naskah Cina-Jawa. Manuskripta, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 47-77, june 2011. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/4>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v1i1.4.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.