Cerita Nabi Muhammad Berhempas dengan Abu Jahil Karya Buya Abdus Salam: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam

Main Article Content

Khabibi Muhammad Lutfi

Abstract

This article discusses the manuscript of Cerita Nabi Muhammad Berhempas dengan Abu Jahil (CNMBAJ) by Abdus Salam. This paper reveals the history of the Prophet Muhammad and their interaction with Abu Jahil in which many of the depicted characters, both good and evil. The manuscript is the private collection of Apria Putra from West Sumatera. This article has been contributed to the discourse of education in Indonesia through the making Islamic values existed in the CNMBAJ as the basis for character education. At the time, CNMBAJ teaches these values in the stories written as poetry. For the people of Minangkabau, the text is sung, remember, and used as a medium for studying Islamic history. This article is a philological research applying the method of single manuscript and edited using a critical edition. After the editing text has been obtained, the research continued with the analysis of the content using the philosophical and educational approaches.


---


Artikel ini mendiskusikan naskah Cerita Nabi Muhammad Berhempas dengan Abu Jahil (CNMBAJ) karya Abdus Salam. Naskah ini menceritakan sejarah Nabi Muhammad dan interaksinya dengan Abu Jahil yang di dalamnya banyak digambarkan karakter-karakter tokoh, baik yang jahat maupun yang baik. Naskah ini merupakan koleksi pribadi milik Apria Putra dari Sumatera Barat. Artikel ini memberikan kontribusi terhadap pendidikan di Indonesia dengan menjadikan nilai-nilai Islam dalam naskah CNMBAJ menjadi basis pendidikan karakter. Pada zamannya, CNMBAJ mengajarkan nilai-nilai tersebut dalam cerita yang ditulis dalam bentuk puisi. Bagi masyarakat Minangkabau, teks ini didendangkan, dihafalkan, dan digunakan sebagai media untuk mengingat sejarah keislaman. Artikel ini merupakan penelitian filologi yang menerapkan metode naskah tunggal yang disunting secara kritis. Setelah dihasilkan suntingan teks, penelitian ini dilanjutkan dengan melakukan analisis konten dengan menggunakan pendekatan filosofis-edukatif.

Article Details

How to Cite
LUTFI, Khabibi Muhammad. Cerita Nabi Muhammad Berhempas dengan Abu Jahil Karya Buya Abdus Salam: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Manuskripta, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 237-271, dec. 2015. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/43>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v5i2.43.
Section
Articles

References

Buku
Abdul Majid dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Abrams, M. H. 1981. A Glossary of Literary Terms. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Achsin, Amir. 1986. Media Pendidikan. Ujungpandang: Penerbit IKIP Press.
Amir, Adriyetty. 2009. Kapita Selekta Sastra Minangkabau. Padang: Minagkabau Press Fakultas Sastra Andalas
Anismatta, M. 2012. Membentuk Karakter Secara Islam. Jakarta: al-I’tishom Cahaya Umat.
Arifin. M. 1993. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bagus, Loren. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Baried, Siti Baroroh. dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Daryanto. 1998. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.
Dharma Kusuma dkk. 2011. Pendidikan Karakter; Kajian teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Djamaris, Edwar. 2002. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Pusat Bahasa.
Echols, John M. dkk, 1996. Kamus Inggris-Indonesia. Gramedia: Jakarta.
Fathurahman dkk.. Oman. 2010. Filologi dan Islam Indonesia. Jakarta: Puslibang Lektur Keagamaan.
Fitri, Agus Zaenul. 2012 Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fuad Amsyari. 1995. Islam Kafa’ah: Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press.
M. Ali Hasan & Mukti Ali. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Majdid, Nurcholish. 2000. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.
Mu’in, Fatchul. 2012. Pendidikan Karakter; Kontruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muchlas Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mudyahardjo, Redja. 2010. Filsafat Ilmu Pendidikan; Suatu Pengantar. Bandung: Rosda Karya.
Nurgiyantoro, B. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.
Rahmanto Hartoko, Dick dan B. Rahmanto, 1998. Pemandu di Dunia Sastra. Jakarat: Pustaka Anggrek
Rusyana, Yus. 1982. Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.
Sadullah, Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjiman, Panuti. 1992. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya
Tim Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Ilmu Pendidikan. Bandung: Imperial Bakti Utama.
Zuhdi, Masjfuk. 1993. Studi Islam Jilid III : Muamalah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Internet
http://kampus.okezone.com/read/2012/08/31/373/683436/95-koruptor-ri-lulusan-perguruan-tinggi. diakses 5 September 2012 pukul 13.00 WIB.

Wawancara
Hasil wawancara dengan Apria Putra, Pengkoleksi Naskah, di gedung Teknologi Informasi Komputer Nasional UIN Jakarta, 3 Agustus 2012, pukul 19.00 WIB.
Hasil wawancara dengan Yusri Akhimuddin, Peneliti di Sumatera Barat, di gedung Teknologi Informasi Komputer Nasional UIN Jakarta, 3 Agustus 2012, pukul 19.00 WIB.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.