Upaya dan Penyelamatan Naskah Kuno Lampung

Main Article Content

Ninawati Syahrul

Abstract

Naskah kuno Lampung adalah salah satu warisan kebudayaan yang secara nyata memberikan pada kita semua bakti catatn tentang kebudayaan masa lalu sebagai potret zaman yang menjelasakan berbagai hal yang mempunyai hubungan dengan masa sekarang. Karena nilainya yang sangat penting dan strategis, aka perlu ada langkah-langkah konkret dalam upaya penyelamatan dan pelestarian naskah tersebut. Hingga saat ini, upaya pengidentifikasian naskah kuno Lampung, apalagi mengakaji isinya belum banyak dilakukan. Katalog panduan khusus mengenai naskah kuno sumber tentang Lampung belum ada sama sekali. Upaya pengenalan tentang Lampung masih terselip di antara identifikasi naskah lain sehingga hal ini sangat menyulitkan para peminat yang secara khusus ingin mengetahui Lampung secara mendalam. Di atara khazanah kebudayaan Lampung adalah Kitab Ketaro Berajo Sako yang digunakan dearah Pubian Telusuku dan Kitab Sinabur Cahaya yang digunakan di Pesisi Krui. Kitab-kitab tersebut merujuk kepada Kitab Kuntara Raja Niti. Kitab ini merupkan kitap rujukan masyarakat Lampung mulai dari adat istiadat, kesenian, sejarah, sampai kitab adat yang sangat banyak jumlahnya. Naskah-naskah kuno Lampung biasanya diturunkan dari kepala adat kepada keturunannya. Orang yang menerima lalu menganggapnya sebagai benda pusaka sehingga harus memotong kambing dan mengadakan selamatan bila ingin membuka naskah kuno tersebut. Karena takut, masyarakat biasanya tidak ingin mengetahui isi naskah kuno itu. Maka, menyimpannya asal saja, tanpa teknik penyimpanan yang tepat sehingga keberadaan naskah kuno itu terancam rusak dan lenyap. Hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah melakukan upaya pengkajian naskah-naskah kuno Lampung yang masih ada. Dimulai dari pendataan naskah kuno, penyalinan dan penerjemahan isi naskah kuno. Pembuatan katalog yang memuat data lengkap tentang koleksi naskah kuno Lampung adalah salah satu contoh konkret yang data membantu mempermudah melacak dan melakukan akademik terhadap naskah kuno.

 

Article Details

How to Cite
SYAHRUL, Ninawati. Upaya dan Penyelamatan Naskah Kuno Lampung. Manuskripta, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-16, dec. 2011. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/14>. Date accessed: 23 may 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v1i2.14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.