Penelusuran Naskah dan Penulis Naskah Istana Asserayah al-Hasyimiyah Kerajaan Siak di Propinsi Riau

Main Article Content

Ellya Roza

Abstract

Riau yang notabenenya Melayu diprediksi memiliki banyak naskah, namun jumlah yang pasti belum diketahui secara tepat karena pelacakan naskah terus berlangsung sehingga koleksi naskah terus bertambah. Selain itu penelitian yang dilakukan belum sampai kepada tempat yang diprediksi memiliki naskah misalnya istana Asserayah Al-Hasyimiyah Kerajaan Siak di Riau belum pernah disentuh tangan ahli sampai sekarang. Berdasarkan Daftar Pertelahan Arsib Kerajaan Siak terdapat 290 file naskah. Setiap e berisi banyak naskah. Beberapa naskah berbentuk lembaran dipajang di dalam lemari kaca meskipun lembaran naskahnya sebagian besar rusak dan lapuk bahkan sebagiannya telah dilapisi dengan kertas lain dan disambung-sambung sehingga menjadi naskah yang utuh lagi. File naskah tersebut jauh dari pemeliharan sehingga kemungkinan naskah akan hancur. Naskah yang banyak itu belum diketahui siapa yang menulisnya. Sehubungan dengan itu, maka dicoba melakukan penelusuran terhadap naskah dan penulisnya dan hasilnya menjadi bahan penulisan artikel ini.

 

Article Details

How to Cite
ROZA, Ellya. Penelusuran Naskah dan Penulis Naskah Istana Asserayah al-Hasyimiyah Kerajaan Siak di Propinsi Riau. Manuskripta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 103-118, june 2012. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/28>. Date accessed: 25 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v2i1.28.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.