Inventarisasi Naskah Lama Madura

Main Article Content

Dwi Laily Sukmawati

Abstract

Naskah merupakan salah satu warisan budaya yang sangat berharga. Melalui naskah kita bisa mengetahui pemikiran, pengetahuan, adat istiadat, dan perilaku masyarakat di masa lalu. Oleh karena itu, perlu ada upaya serius untuk menjaga dan memeliharanya agar naskah tersebut tidak punah. Madura sebagai salah satu daerah di Jawa Timur menyimpan banyak naskah Lima peninggalan zaman dulu. Naskah-naskah tersebut ada di berbagai tempat, termasuk perpustakaan-perpustakaan luar negeri. Pada umumnya, naskah-naskah lama Madura masih menjadi milik perorangan. Bahkan, ada seorang warga Madura yang menyimpan kurang lebih tiga puluh naskah dalam sebuah peti tanpa ada perawatan khusus. Minimnya tingkat pemahaman pemiliknya terhadap fungsi dan makna yang terkandung di dalamnya, menjadikan naskah-naskah tersebut kini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Ironisnya} tidak ada upaya penyelamatan dari, pemerintah setempat terhadap naskah lama tersebut. Oleh karena itu, artikel ini akan memaparkan data mengenai keberadaan naskah-naskah lama Madura, baik yang ada di Pulau Madura maupun yang ada di luar pulau Madura, mulai yang tersimpan di museum, pondok pesantren, perpustakaan, hingga yang masih ada di masyarakat.

 

Article Details

How to Cite
SUKMAWATI, Dwi Laily. Inventarisasi Naskah Lama Madura. Manuskripta, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 17-30, dec. 2011. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/15>. Date accessed: 23 may 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v1i2.15.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.