Kearifan Lokal dalam Syair Nasihati Perubahan Cara Pandang Masyarakat Melayu terhadap Lansia dan Lembaga Keluarga

Main Article Content

Asep Yudha Wirajaya

Abstract

Manula adalah manusia lanjut usia atau dikenal dengan istilah lansia. Lansia merupakan periode akhir dan sebuah rentang kehidupan manusia. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh lansia sangat kompleks dan khas, seperti mengalami penurunan kondisi fisik dan masalah psikologis. Pada fase-fase ini, mereka sangat menbutuhkan kehadiran keluarga yang selalu memberikan dukungan, perhatian, dan kasih sayang Namun, kini muncul kecenderungan sebagian masyarakat Indonesia untuk menempatkan anggota keluarga mereka yang telah memasuki usia lanjut ke panti wredha. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat tengah mengalami pembahan perilaku terhadap perawatan anggota keluarga yang telah memasuki periode lansia. Padahal bila dikaji lebih dalam, jumlah panti wredha jauh dan memadai untuk dapat menampung lansia yang ada. Oleh karena itu, perlu ada perlu ada kajian komprehensif untuk melihat kembali pola berperikehidupan para nenek moyang kita dulu sehingga dapat menjadi cermin sekaligus alternatif solusi di masa kini sehingga potensi manula" dapat diubah menjadi sebuah sumberdaya yang bermanfaat, baik bagi diri pribadi, keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negaranya.

 

Article Details

How to Cite
WIRAJAYA, Asep Yudha. Kearifan Lokal dalam Syair Nasihati Perubahan Cara Pandang Masyarakat Melayu terhadap Lansia dan Lembaga Keluarga. Manuskripta, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 79-98, dec. 2011. ISSN 2355-7605. Available at: <http://journal.perpusnas.go.id/index.php/manuskripta/article/view/19>. Date accessed: 23 may 2024. doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v1i2.19.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.